Maret 03, 2016

Cinta dalam diam

Aku mengenal nya melalui sosmed, dia berumur 30 tahun.. Bekerja di salah satu BUMN di Jakarta..
Dia add aku terlebih dahulu di sosmed tersebut, setelah itu perbincangan dimulai..
Kebetulan pd waktu itu, aku baru saja menyelesaikan skripsi dan menunggu sidang di perkuliahan..
"Makasih, salam kenal.. " sapa ia memulai chating.
"Iya kak.. Sama2.." jawaban simple..
Hingga berlanjut lah bercerita tentang kegiatan ku, pekerjaan nya, dsb.
Hingga akhirnya komunikasi berjalan berhari2 dan pd saat yg sama2 sibuk, akhirnya kami punya inisiatif untuk tukar pin bbm..
Pertemanan berjalan hingga berbulan2, bertahun2..
Hingga aku telah mendapatkan pekerjaan dikota ku..
Singkat cerita,
Aku membuat status akan pulang ke kampung.. Dan dia yg tak disangka2 memulai percakapan..
"Neng, mau pulang kesini yaa..?" tanya nya
"Eh iya mas.. Bulan depan pulang.. Tahun baruan disana.." balasku..
"Wii.. Bawa pempek yaa neng.. Aku suka banget tuh.." Canda atau serius aku tak tau..
"Boleh lah.. Nanti dibawain pempek deh.." lagi2 bls ku serius..
Akhirnya obrolan tentang pempek di kota ini dia hampir tau, bercerita tentang pempek.. Tempat wisata lah..
1 bulan kemudian,
Keberangkatan aku tiba juga pempek untuk dia pun sudah siap..
Aku berangkat bersama adik sepupu ku yang sedang liburan sekolah dan juga sedang cuti sama seperti ku..
Kami menuji bandara bersama orang tua, oom2 dan juga tante2..
Dengan koper masing2..
Seperti hal biasa, pesawat malam pasti delay..
Akhirnya kami take off pada pukul 23.25 wib, sampai di Jakarta pun sekitar pukul 00.15 wib.
Setiba nya dikota kelahiran ku, aku disambut dengan jemputan Orang tua..
Yaa..
Bahagia seketika itu, ketika aku bertemu mami..
Karena, jujur.. Keberangkatan ku kali ini atas bujukan dr mami ku, dengan iming2 dibeliin mobil sm apartement..
Yaa.. Perjalanan dr bandara ke apartement sekitar 1 jam'n.. Kebetulan perjalanan agak lenggang krn memang itu adalah wktu yang sudah harusnya tidur..
Sampailah di rumah, rasa letih, capek, nyampur..
Rasa ingin tidur iya, tp mata masih ingin berdiri di koridor kamar ku, untuk menghirup udara jakarta yg sesak.. Macet..
Tp ntah kenapa, pd malam itu cuaca cukup segar..
Udara sehabis hujan, membuat ku merasa rindu akan kota ini..
Melihat lampu mobil yg lalu lalang, gedung bertingkat, rumah penduduk sekitar, juga jalanan yang panjang..
Keesokan harinya, aku awali dengan renang dibawah.. Bersama adek sepupu ku, juga tak lupa mengabarkan "mas bagoes" yang ku kenal lewat medsos bahwa pempek nya sudah siap..
"Pagi mas, mas.. Tasya dah di jakarta.. Mas bisa ke daerah ke******n gak..? " mulai ku untuk menghubungi dia melalui pesan singkat.
"Owh.. Iyaa neng.. Kapan tiba disini..? Aku kerja tp hari ini.. Sepulang aku kerja aja..gimana..?" bls nya
"Oke mas.. Td malem jam 00.15 wib mas.." bls ku singkat.
Seharian aku sengaja menghabiskan waktu dirumah, dikamar, nonton dan makan pempek . sedangkan mamiku, yaa.. Seperti biasa, mami ngurus bisnis nya di bogor..
Tp gak masalah, selain aku letih, dan juga menunggu kedatangan mas  bagoes .
Pukul 15.00 wib,
Hape ku berdering..
"haloo assalamu'alaikum.. Kenapa mas..?"
"Neng, maaf bgt.. Hr nie aku gk bs, lembur dikantor.. Besok aja yaa..." jawab nya, memberitahu bahwa dia blm bisa ke rumah..
"Owh.. Iya deh mas.. Siph.. Gpp.. "
Keesokan harinya,
"Neng.. Siang ini aku kesana yaa.. Alamat nya yaa neng.." dia pagi2 memberitahu rencana hari ini
"Owh iya mas alamat nya di ke******n, apartment grand ****** depan polsek ke****** mas.." bls ku menjelaskan alamat rmh yg mami beri.
"Siap neng nanti aku tanya2" bls nya singkat.
Tepat pukul 12.00 wib, dia datang..
Aku menemui di lobby bawah.. Dengan rasa deg degan.. Krn ini pertemuan awal..
"Mas bagoes..?" aku menyapanya yg sedang duduk di sofa lobby bawah..
"Neng yaa.." ia berdiri dan menghampiriku..
"Ia mas.. Waah.. Ketemu juga akhirnya.." senyum ku dengan menjabat tangan nya..
Obrolan pun berlangsung hingga tiba di dlm rumah..
"Ini mas pempek nya.." aku ke belakang mengambil pempek pesanan nya..
"Waah.. Makasih neng.. Ngerepotin.." senyum ia dengan nada yg khas jogja..
"Gpp mas.. " bls ku..
Kisah berlalu begitu saja..
Hingga aku kembali ke palembang dan dengan kisah yg membuat ku menerima perjodohan mami untukku dengan anak temen nya..
"Oke mi.. Aku pulang.. Dan aku mau di kenalin sm anak tmen mami.." aku mengirim pesan yg secara mendadak..
"Serius nak..? Mami pesen tiket besok utk kamu. Besok mami jemput.." bls mami senang.
Singkat cerita, aku dipertemukan dengan anak temen mamiku.. Yang rekanan mitra bisnis mami..
Nama tmen mami ku, sebut saja Om Wid..
"Ini nak.. Temen mami kecil dl.. Sampe sekarang.. Om wid.." mami mengenalkan kepada ku
"Iya om.. " aku cium tangan om wid layak nya orang tua ku.
"Wah ini dah gede banget.. Dulu kamu msh kecil.. Skrg kerja dimana..?" tnya om wid..
"Dia aku suruh pulang wid, kemarin di palembang dia kerja di kontraktor.. Skrg disini aku suruh handle usaha aku lah yang di lebak bulus sambil coba2 ikut test pns.." jawab mami dan aku hanya senyum2 sambil melihat2 mana anak om wid ini..
"mi, om.. Tasya kesana dl yaa.. Kayak nya bagus tempat nya.." aku menunjuk sebuah taman kecil.
"Iya nak.."
Aku berjalan menuju taman kecil yang penuh lampu dan cantik..
Aku memilih duduk di kursi, dan duduk sendiri disana..tp seketika lamunan ku buyar..
"Neng tasya..?" seseorang menepuk ku dan menyebut nama ku, aku melihat ke arah yg memanggilku dan perasaan kaget..
"Mas bagoes..???" jawab ku kaget dan dia pun tertawa..
"Ngapain disini neng..? " dia pun duduk dikursi yang kosong pas didepan ku.
"Ngikut mami mas.. Ini mitra kerja nya mami.." jawab ku dengan memberi senyuman..
"Owh..gt.."
Akhirnya obrolan kami terputus, ketika mami memanggilku..
"Nak.. Sini.." panggil mami..
"Tasya tinggal dulu mas yaa.." aku berdiri dan segera menghampiri mami..
Aku berjalan ke arah mamiku, dengan senyum lucu..
"Kemana aja seh.. Ini td ada anak om wid.. Kamu seh malah kebelakang.." mami mulai celoteh dan aku tidak hiraukan itu.. Krn aku memikirkan mas bagoes..
"Eh tasya, mana yaa td anak oom.. Bentar oom tlp.." om wid berlalu sebentar dan kembali lagi ke meja kami..
"Sebentar lg dia kesini lin, nanti om kenalin sm anak om yaa.." om wid memulai maksud dan tujuan nya dan aku hanya bs tersenyum
Tak lama kemudian,
Anak om wid datang dan duduk di depan ku..
Lagi-lagi aku kaget, melihat sosok yang datang dihadapanku..
"Mas bagoes..???" aku kaget melihat om wid dan mami..
"Lah kalian sudah kenal..?" om wid heran.
"Iya pa, temen aku tasya nie.." jawab mas bagoes
"Syukurlah kalau begitu.." om wid menjawab dengan nada senang..
Obrolan dimeja itu pun membuat ku merasa bahagia.. Selain aku mengetahui yang dijodohkan mami adalah mas bagoes, lelaki yg ku kenal melalui sosmed..
Juga ternyata anak temen dekat mami..
Ntah ini rekayasa om wid dan mami, atau memang ini urusan bisnis mereka yg tak kenal akan waktu..
"Nak.. Mami malem ini harus ke jogja.. Jd kamu pulang pke taksi aja yaa.." mami yg secara terburu2 ingin meninggalkan aku
"Jangan tante, biar nanti aku yg anter pulang.." mas bagoes menjawab.
"Owh.. Iya deh. Makasih ya goes.. Tante buru2.. Nanti ksh kabar yaa klo dah dirumah.." mami segera meninggalkan kami.
"Yaa udah.. Goes.. Kamu anterin tasya pulang.. Udah malem.. " om wid menyuruh mas bagoes utk segera mengantar ku pulang.
Di perjalanan akhirnya mas bagoes mengajak berbicara tentang semua hal..
Termasuk perjodohan ini.
"Neng tau maksud dr papa aku dan mami nya neng..?"
"Iya mas.. Tau.. Tp tenang mas, tasya tau mas udah punya calon kan.. Nanti tasya ksh tau mami sm om wid pelan2.." senyum ku
Dan ia hanya tersenyum kecil.
"Makasih yaa mas udah nganterin smpe rumah ini.." ucapku sebelum turun dr mobil nya.
"Iya neng.. Besok mau kemana..?" tanya nya..
"Kerja mas..." balasku.
"Okey.. Hati2 yaa.."
"Owh.. Uhm.. " aku gk tau harus jawab apa.
"Ya udah.. Selamat malam neng.." ia melaju mobilnya
Keesokan harinya, sebelum bekerja.. Aku memulai obrolan dengan mami.
"Mi.. Tasya mau dijodohn.. Tp mi, jangan mas bagoes yaa.." aku mulai obrolan ketika mami menonton.
"Kenapa..? Dia baik kan.. Sopan.. Mapan.." mami heran.
"Mi.. Mas bagoes itu tmen lama tasya.. Dan tasya paham mas bagoes gimana... Mi..." seketika aku diam dan tak bisa melanjutkan pembicaraan ini.
"Kenapa... Ada apa.. Bagus dong nak klo dah kenal lama..." senyum mami meyakinkanku.
"Tapi mi.. Mas bagoes itu..." lagi2 aku diam
"Ada apa sih kamu th.." mami mulai penasaran
"Mi, mas bagoes udah punya pacar... Dosen.. S3.. Dan..." aku terbata bata meneruskan obrolan itu
"Serius..?? Sejak kapan..??" mami heran
"Iya mi.. Makanya tasya mau mundur dr kemauan mami dan om wid.." aku menundukan kepala
"Mami gak maksa nak.." senyum mami mencoba menyemangati langkah ku.
"Makasih mami.. Jd tasya boleh lanjut ke s2..? Dan...." lagi lagi aku diam
"Apa nak..?" tanya mami
"Kasih waktu aku utk  mencoba mencari sendiri pasangan..." suara ku pelan
Dan mami hanya tersenyum
"Ya sudah.. Mami mau ketemu klien di bogor lg. Mami pergi dulu.. Mobil mami bawa.. Yang atu dipake tiwi.. Kamu pke taksi aja yaa nak.." mami buru buru dan meninggalkan pertanyaan yg belum ia jawab.
"Iya mi.. Hati2.." balas ku dengan nada lemas.
Krn pukul sudah menunjukan pukul 7 pagi dan aku pun harus pergi bekerja untuk menangani perusahaan developer mami di salah satu kota jakarta selatan dan aku pun bergegas berangkat dari rumah.
Diperjalanan, om wid menelpon
"Hallo Assalamu'alaikum.."
"Wa'alaikumsalam.. Sya.. Dimana..?" tanya om wid.
"Di jalan om, mau ke kantor mami..ada apa om..?" tanya ku
"Nanti siang om ke sana ya.."
"Owh iya om.. Tasya tunggu.." aku jawab dgn segudang pertanyaan..
"Ya udah.. Om kerja dulu.." om wid mengakhiri percakapan kami di pagi hari itu.
Setiba dikantor aku pun dikenalkan oleh manager HRD kantor mami, bahwa aku akan menghandle smua pekerjaan dikantor dan juga di tunjukan ke sebuah ruangan yang cukup nyaman, dimana itu akan jadi ruangan ku.
Mulai lah aku mempelajari beberapa file dan jalan nya bisnis mami ku.
Hingga akhirnya hari pun sudah menjadi siang dan aku masih berkutat mempelajari hal hal di kantor ini.
Tiba2 terdengar ketukan pintu yang mengagetkan ku.
"Masuk.."
Ketika pintu dibuka aku kaget, ternyata om wid yang datang.
"Owh om wid.. Yaa ampun.. Maaf om berantakan meja nya, lagi belajar nie om.." sambil ku bereskan berkas yang ada di meja ku
"Udah gak apa apa nak.. Om kesini cuma mau tanya sesuatu.. Boleh..???" om wid tanpa basa basi langsung menembak dengan pertanyaan.
"Boleh om.." aku terdiam
"Sya, benar kalau bagoes udah punya pacar..???" tanya om wid serius
"Oo.. Ehm.. Itu om.. Ehm.." aku tak tau harus menjawab apa.
"Jawab aja nak.. Oom cm pengen tau.." om wid tersenyum.
"Uhm.. Iii..iya.. Om.. " aku jawab dgn terbata bata.
"Kamu tau dr bagoes langsung..?" tanya om wid lagi
"Iya om.. Seorang dosen yang lagi menempuh s3 di kota m****g.." jawabku..
"Owh.. Dosen..." jawab om wid datar.
"Ada apa om..?" aku heran dgn jawaban om wid yang begitu santai.
"Bagoes blm cerita yang lebih jauh lagi..?" tanya om wid
"Belum om.." lagi lagi aku terdiam dan tertunduk.
"Ya sudah.. Om pamit yaa.. Selamat bekerja.." senyum om wid
"Makasih om.." aku tersenyum
"Owh iya.. Kamu pulang sendiri..? Bawa mobil nak..?" tanya om wid
"Iya om.. Nanti pulang sendiri, kebetulan hari ini pake taxi om.." jawab ku tertawa kecil.
"Oo.. Hati hati yaa.. " om wid berlalu
Akhirnya sore pun tiba dimana smua karyawan pulang.. Dan aku masih menunggu taxi yang belum datang..
Tiba2 aku dikejutkan dengan kedatangan mas bagoes ke ruangan ku.
"Hei neng.." kejutan dr mas bagoes.
"Lho mas bagoes..???" aku kaget melihat ia masuk ruangan ku
"Iyaa.. Aku kebetulan lewat.. Jd mampir.." mas bagoes duduk dihadapanku.
"Owh.. Gitu..." aku tersenyum
"Mau pulang..? Yuk.. " mas bagoes senyum dengan nada jawa nya yang khas.
"Tapi.." aku belum selesai bicara mas bagoes sudah menarik tangan ku untuk bangkit dr kursi ku
"Hayuu.. " senyum nya
Dan aku pun hanya terdiam dan tersenyum, sembari berjalan beriringan dengan mas bagoes.
"Owh tuhan... Perasaan apa ini.." tanya ku dalam hati dan melihat mas bagoes yang tersenyum.
Tiba juga kami di basement apartement,
"Makasih mas udah nganterin pulang.." senyum ku
"Sami2 neng.." ia membuka kunci mobilnya dan aku pun membuka pintu mobilnya namun ketika aku ingin turun,ia bertanya
"Neng.. Tunggu.. Bsok sabtu kan.. Kita jalan jalan yuk.. Aku bawa kamu ke tempat dosen pribadi aku ." dengan tersenyum ia menatap ku
"Eh.. Uhm.. Ngapain mas..?" tanyaku bingung
"Ikut aja.. Oke.." ia menutup pertanyaan ku
"Ii.. Iya mas.. Selamat malam mas.." senyumku dgn rasa ingin tau
Aku memasuki lift dan tersenyum kecil, mengulas apa yang terjadi di malam ini..
Aku berbicara banyak hal dengan mas bagoes, bercanda dan tertawa bareng..
Namun, seketika aku sadar..bahwa ini hal yang harus dijauhi.. Karena, aku tau mas bagoes sendiri memiliki kekasih..
"Owh tuhan.. Aku salah.." aku tiba di depan pintu rumah ku.. Dan masuk.. Melihat adik sepupu ku sedang menonton..
"Hei dek.. Mami gk pulang kesini yaa..?" tanyaku
"Enggak teh kata mami dia tidur di cempaka.." jawabnya..
"Owh. Kamu dah makan..?" tanyaku lagi
"Hehe.. Belum teh, nungguin tteh.." senyum kecil ia menjawab..
"Aduh.. Kita delivery aja yaa, tteh jg belum makan.." aku mengeluarkan hp ku dan menghubungi delivery di salah satu restoran terdekat
Kami pun memakan berdua.. Yaa.. Jika mami tidak pulang, maka dirumah ini hanya kami berdua..
Hingga akhirnya kami tidur..
Tepat pukul 09.00 wib di hari sabtu, mas bagoes datang ke apart.. Dan kami segera pergi ke m*****g, ntah apa tujuan mas bagoes..
Hingga mengajak ku untuk menemui kekasih hatinya, dia baik, dia care.. Tp aku tau dia memiliki kekasih..
Disepanjang perjalanan, dia bersikap lembut (karena memang jawa yaa.. Jd lembut..), ia bersikap begitu peduli, lucu, menyenangkan.. Hingga aku lupa tentang rasa ini..
Dan tak terasa kami telah memasuki kota yg menjadi tujuan nya..
Hatiku mulai berdegub kencang, takut...
Yaa.. Takut, apa yg harus ku lakukan nanti.. Ketika melihat dia bersama wanita nya dan mengenalkan kepadaku..
"Owh tuhan.. Kuatkan aku nanti..." ucapku pelan bahkan sangat pelan
"Kenapa neng..?" tanya mas bagoes
"Ah gak mas.. Hheee " jawab ku kagok.
Mobil kami melaju dengan pelan, ke daerah pemakaman..
Aku bingung, bahkan makin bingung..
"Harus lewat sinikah..?" tanyaku sambil lihat kiri kanan berharap ada plank nama jalan atau petunjuk
"Iya neng.. Kita dah deket kok.." jawab mas bagoes begitu fokus akan jalan di depan
"Hah..??? Rumahnya disini..?? Janjian disini..??? Atau...." belum tuntas aku bertanya tapi mas bagoes menghentikan mobilnya.
"Done.. Hayuu neng.. Kita turun.." senyum mas bagoes
Aku yang masih bingung dan masih duduk didalam mobil, akhirnya mas bagoes membukakan pintu ku dr luar.. Utk segera aku turun..
Aku pun turun dan mengikuti jejak langkah mas bagoes..
Hingga dia berhenti di satu pagar, dibawah pohon besar hingga suasana nya cukup rindang..
"Disini..?" tanyaku masih dengan perasaan bingung
"Iya.. Di dalam situ neng.." mas bagoes menunjukan ke arah pagar itu..
Aku mendekati pagar itu, dan aku mendapati sebuah batu nisan dan aku menoleh ke arah mas bagoes yang masih tertinggal dibelakangku
Dan mas bagoes menganggukan kepalanya, memberi isyarat kepadaku bahwa ia lah sang dosen itu.
Air mata ku tertahan, aku membuka pintu pagar itu dan masuk secara perlahan.
"Itulah sang dosen itu neng.." suara mas bagoes tertahan.
"Maksudnya mas..." air mata ini jatuh secara sendiri
"Dia orang nya neng, yg selalu aku jadikan profil picture di bbm, yg selalu neng lihat.. Aku selalu menghadirkan ia di hari ku, krn aku belum bisa menemukan pengganti yg tepat.." suara nya berhenti.
"Cukup mas.. Aku ngerti.. Aku paham.." tangisku pecah tepat berada di atas pusaran sang dosen ini.
Ketika tangisku pecah, duduk disamping nisan ini, tangan mas bagoes mendarat di bahuku.
"Neng.. Aku sudah bisa melupakan.. Ketika aku..." dia menunduk
Aku diam dan melihat wajah nya
"Ketika aku bertemu kamu.. Aku secara perlahan bisa melupakan itu.. Dia mengirimkan neng utk ku.." lanjut nya perlahan
Aku hanya bisa diam, dan berusaha menahan air mata ku.
"Neng tau, kenapa aku mau jauh2 ke roxy hanya sekedar mencari kabel data sony yang neng Broadcast ke aku..?" dia mencoba mengingatkan ku akan hal yang tlah lalu.
"Kenapa mas..??" suaraku pelan
"Krn aku selalu memperhatikan neng, mengikuti setiap gerak neng, melihat aktifitas neng.. Walau kita jauh... Aku menyimpan rasa ini dalam diam..." mas bagoes menatap mata ku secara dalam.
Aku lagi lagi hanya bisa terdiam dengan terus menatap matanya dan seketika aku tak mengerti apa yang sedang tuhan rencanakan untukku.
"Neng.. Will you married me..???" mas bagoes berlutut dengan melihatkan sekotak kecil yg aku yakin itu adalah cincin..
"Mas... A..aku.." aku bingung, dan tak mengerti apa yg harus ku jawab..
Tiba2 suara mami, om wid, dan adik sepupu ku juga sahabat ku mengeluarkan suara..
"Hayoo sya... Terima.. Terima.. Terima.." teriak mereka.
Aku menoleh ke arah mereka dan kaget melihat smua orang yg dekat dengan ku hadir disela kejadian ini..
"Neng..." ia memanggil berharap aku jawab pertanyaan nya..
"Mas.. Aku...." bibirku kelu dan menangis bahagia..
"Ehe.. So.." senyum mas bagoes.
"Yes.. I do.." tangis bahagia ku pecah
"Thanks neng..u know that, i'm so happy.." ia mengeluarkan cincin itu dan meraih jari ku.
Aku pun tertawa bercampur bahagia, juga tangis..
"Yeeaaah... Akhirnyaaaa....!!!" tepuk tangan dr mami, om wid, temen2, sahabatku, juga adek sepupuku.
Aku terus menangis juga tertawa.. Dia meraih ku, membawa ku ke dalam pelukan nya..
"Mas..." aku berusaha lepas dr pelukan nya..
"Iya neng.." ia menatap ku..
"Makasih..." senyum ku
"Sama sama neng sayang.." kata kata ini keluar untuk pertama kalinya ia memanggilku sayang.
"Tapi..." aku pura2 mengeluarkan muka yang sedih
"Kenapa..??" tanya nya heran
"Gak ada tempat lebih romantis lagi selain di pemakaman..???" tawaku..
Yaa.. Akhirnya, sebelum kami pergi dr tempat itu..
Aku menghampiri nisan dosen itu lagi, yg tertulis namanya "Nindya Karina"..
"Mba.. Aku janji.. Aku janji akan menjaga mas bagoes, mencintai dia sepenuh hati seperti mba mencintai ia sepenuh hati.. Hingga ajal memisahkan kalian.."
"Iya sayang.. Aku percaya.. Dia juga pasti tersenyum..." mas bagoes menjawab dan memegang tangan ku erat.
Aku tersenyum, dan kami pun pulang..
Dan kini, aku percaya mencintai yang paling hebat adalah diam dan berdoa..
Mintalah campur tangan tuhan untuk semua yang kita cintai dlm diam..
Krn Dia tak membiarkan cinta yg suci, hilang begitu saja tanpa menyatu dalam ijab...
04 Maret 2016
Note : hanya cerita.. Yg terinspirasi dr sebuah khayalan..
Juga keisengan dr kumpulan cerita para sahabat.. 
#jangan dianggep serius..#

3 komentar:

Unknown mengatakan...

wooow... So.. So.. Sweet endingnya.. :)

Arini antika mengatakan...

Nuhun kak... Jangan bosen untuk baca yang lain.. 😀😀😀

Arini antika mengatakan...

Nuhun kak... Jangan bosen untuk baca yang lain.. 😀😀😀